ARTIKEL


Pilih Gaji Besar atau Bahagia?
Rabu, 18 Januari 2012

Anda pilih mana: gaji tinggi tapi tidak bahagia atau gaji pas-pasan tapi bahagia? Mungkin sebagian besar memilih memiliki banyak uang.

Sejumlah ekonom dari Universitas Cornell di Amerika mencoba menjawab pertanyaan itu. Mereka melakukan survei terhadap lebih dari 2.500 orang tentang penghasilan dan kehidupan mereka.

Para responden tersebut ditanya apakah memilih pekerjaan dengan gaji 50 ribu poundsterling, jam kerja normal dan waktu tidur teratur 7,5 jam atau pekerjaan dengan gaji 90 ribu poundsterling, jam kerja yang tidak biasa dan waktu tidur hanya enam jam.

Ternyata kebanyakan responden lebih memilih dibayar gaji besar walaupun mereka tidak suka dengan pekerjaan itu dan hidupnya kurang bahagia. Ketika ditanya tentang motivasinya, mereka menjelaskan gaji besar dapat membahagiakan keluarga mereka.

Penelitian yang diterbitkan American Economic Review itu dipresentasikan pada Pertemuan Ilmu Ekonomi di Austria pada bulan ini.

Alex Rees-Jones, salah seorang kandidat doktor yang juga anggota tim penelitian, mengatakan dia yakin penelitian itu memiliki dampak politik. "Kami memberi pesan kepada pemerintah agar membuat kebijakan untuk memaksimalkan kebahagiaan yang diukur melalui survei ini," katanya.
 

ANT | DAILY MAIL | PGR


Sumber : Tempo.co