ARTIKEL


Lepas Cincin Pertunagan saat Wawancara Kerja
Selasa, 11 Oktober 2011
    Penampilan saat wawancara kerja menjadi perbincangan jumum, terutama soal busana dan tata rias. Namun , juga perlu memerhatikan pilihan aksesori yang di kenakan saat wawancara kerja, seperti cincin pertunangan. Cincin atau aksesori lainnya memang menunjang penampilan. Namun bagaimana jika cincin yang di pakai adalah cincin pertunangan dari berlian dean berukuran besar?
    Forum komunitas Urbanbaby.com menuliskan , sebaiknya lepaskan cincin berlian berukuran besar saat wawancara kerja . Forum ini menyarankan melepas cincin berlian, terutama jika perusahaan terkait dengan isu sosial seputar berlian. Contoh kasusnya, salah seorang kontributor forum ini bekerja pada prusahaan non profit, membantu perempuan dan anak-anak Afrika yang menderita akibat konflik perdagangan berlian.
     Alhasil, pemakaian cincin berlian saat wawancara kerja pada perusahaan seperti ini menjadi isu sensitif. Pelamar kerja yang mengenakan cincin berlian saat wawancara kerja pada perusahaan ini di nilai tak sensitif terhadap isu sosial tersebut. Selain juga dianggap tak memahami perusahaan tempat ia melamar pekerjan .
      Pendapat lain di utarakan Karen Katz, ketua forum eksekutif terbesar di New York ini. Katz mengatakan, memakai cincin pertunagan saat wawancara kerja adalah pilihan. Namun, ia melanjutkan, pilihan ini juga bisa menimbulkan resiko.
       Ktz memaparkan , cincin pertunangan , apalagi dengan desain mencolok dan berukuran besar, bisa mengalihkan perhatian. Segala sesuatu yang mengalihkan perhatian dari wawancara kerja berdampak negatif pada proses keseluruhan. Bukan hanya cincin pertunangan yang dipertimbangkan."Gelang besar yang menimbulkan bunyi-bunyian saat di gunakan,perhiasan yang mencolok,aroma perfum yang menyengat, juga berpotensi menimbulkan dampak negatif saat wawancara kerja. Cincin pertunagan atau cincin berlian berukuran besar juga membawa pesan jika di gunakan saat wawancara kerja :jika anda menggunakan cincin berlian, rasanya anda tak benar-benar mmbutuhkan pekerjaan.Persepsi lain yangjuga bisa muncul di antaranya, kolega atau orang yang mewawanrainya menilaicincin berlian tersebut sebagai representasi pengeluaran yang tak sepadan dengan posisi yang ada lamar.