ARTIKEL


Nyala Lampu Saat Malam Bikin Bete?
Senin, 13 Juni 2011

Zzz...zzz... (c)sleepingsimple.com

Tidur dalam keadaan terang atau gelap, keduanya tetap berpengaruh pada kondisi biologis tubuh.

KapanLagi.com - Tidur dalam kondisi lampu menyala mungkin merupakan kebiasaan beberapa orang sejak kecil. Entah karena takut gelap atau memang sekedar kebiasaan belaka, sayangnya keadaan ini harus segera ditinggalkan bila seseorang ingin jauh dari depresi.

Sebuah penelitian diadakan para ilmuwan dari Ohio State University. Mereka mengamati efek sinar lampu, yang dibiarkan menyala 8 jam atau selama jam tidur malam, terhadap tingkah laku beberapa hewan pengerat. Sama seperti menonton TV dalam suasana gelap, di mana sinar yang ada tidak cukup terang, tidur dalam keadaan terang juga mempengaruhi struktur otak bagian hippocampus.

Hasil tes depresi mengukur, banyaknya air gula yang biasa diminum hewan pengerat tersebut, mengalami penurunan akibat perubahan mood.

Ilmuwan Tracy Bedrosian mengatakan, "hippocampus memang memegang peranan penting dalam gangguan depresi, sehingga menemukan perubahan yang ada di dalamnya merupakan hal yang sangat penting."

Dan, kondisi lampu terang (yang kurang mendukung kondisi biologis tubuh menjelang tidur) ternyata bisa menjadi pemicu timbulnya bad mood pada esok hari.

Masih ingin menyalakan lampu saat tidur nanti malam? Pikir-pikir dulu deh....