ARTIKEL


' DOUBLE-CLICK '
Senin, 13 April 2009

Memakai Windows Tanpa 'Double-Click'

Lihat Gambar
Menghilangkan double click di menu Folder Options

KapanLagi.com -
Dalam dunia yang serba berbasis web ini, double-click sungguh merupakan sesuatu yang masih tertinggal. Seperti sisa-sisa dari masa sekolah dulu. Karena memang double-click sangat jarang dipakai. Adakah cara untuk menghilangkan ini?

 

Memang pada praktiknya, hanya tinggal folder dan icon dari program yang masih memerlukan double-click. Apakah Windows menyediakan solusi untuk single-click? Jika memang benar-benar sudah bosan dengan double-click, ada cara sederhana yang membuat Anda tidak pernah lagi memerlukan klik yang melelahkan itu.

Beginilah caranya:
1. Pada Windows Vista, klik Start, ketikkan Folder Options, kemudian tekan Enter. Untuk Windows XP, Anda bisa masuk ke Windows Explorer ke menu Tools kemudian pilih Folder Options.
2. Pada tab General, carilah pilihan Click items as follows section, kemudian aktifkan Single-click to open an item (point to select).
3. Kemudian tinggal tentukan pilihan untuk underline (garis bawah) sesuai yang Anda mau. Pilihan pertama akan membuat semuanya digaris-bawahi seperti link di browser web Anda. Pilihan kedua, baru akan menggaris-bawahi jika pointer mouse mengarah di atasnya.
4. Klik OK dan Anda sudah selesai menghilangkan double-click.

Bagi yang sudah terbiasa dengan double-click, cara ini membuat Anda harus membiasakan diri dengan kondisi baru selama beberapa hari.

Cara juga membuat saat memilih file menjadi sedikit aneh, terutama bagi yang terbiasa menggunakan kombinasi tombol Ctrl dan klik pada beberapa file. Dengan memakai cara ini, tidak perlu lagi melakukan klik pada file yang akan dipilih, cukup tahan tombol Ctrl dan gerakkan pointer mouse di atas file yang akan Anda pilih. Cukup jangan pindah pointer mouse selama satu detik maka file itu akan langsung terblok dengan sendirinya.