ARTIKEL


Tips Hadapi Rekan Kerja Menyebalkan
Rabu, 24 September 2008
Seperti situasi sosial apapun, fingkungan kerja pasti memiliki sisi baik dan buruk. Tidak ada jaminan ketika suatu saat anda mendapat sebuah pekerjaan, anda akan nyaman dengan semua rekan kerja.

Kenyataannya, tidak sedikit anda malah bertemu dengan rekan kerja yang mengganggu atau bahkan menyebalkan. Dalam keadaan seperti ini, menjadi tanggung jawab anda untuk menjaga sikap profesional. Berikut beberapa tipe rekan kerja yang bikin "nightmare" dan tips menjaga reputasi anda:

o Tukang gosip
Sebagian besar kantor umumnya ada seseorang yang memiliki karakter sebagai bigos (biang gosip). Orang ini punya "senjata" setiap saat dan tidak ragu-ragu menyebarkan sesuatu yang tidak pasti. Hati-hati dengan gosip kantor karena gosip umumnya tidak benar dan menyakitkan. Lebih baik anda menjaga informasi alih-alih menyebarkannya dan putuskan untuk tidak menyebarkan gosip sebagai salah satu cara menjadi pribadi anda.

o Tukang ngeluh
Rekan kerja tipe ini senang mengeluh dan dilakukan secara sering dan vokal. Dalam sebuah lingkungan kantor, keadaan ini sering menurunkan produktivitas dan moralitas perusahaan. Pengeluh biasanya mencari orang lain yang memiliki karakter sama.

Cara terbaik mengatasi rekan kerja tipe ini, dengarkan baik-baik jika ada rekan kerja yang mendekati anda untuk ngomel tetapi jangan bergabung. Lambat laun mereka akan berhenti memanfaatkan anda sebagai pendengar sehingga anda terhindar dari sebutan karyawan bersikap buruk ini.

o Tukang nguping
Banyak tempat kerja dirancang dalam lingkungan terbuka dimana para karyawan seperti dalam kubus dibanding kantor. Model ruangan seperti ini cocok bagi karyawan yang suka belajar sebanyak mungkin mengenai kehidupan profesi dan pribadi rekan kerja. Jika anda dihadapkan dengan rekan kerja yang selalu ingin tahu apa yang terjadi dalam hidup anda, anda perlu berhati-hati ditempat kerja. Ini artinya anda harus mengurangi telepon bersifat pribadi. Jika rekan seperti ini sudah menggangu anda, bicaralah pada manajer mengenai situasi seperti ini agar perusahaan menata ruangan agar lebih bersifat privacy.

o Tukang Nyuri
Rekan kerja seperti ini bukan mencuri pensil atau pena tetapi mencuri poin atau ide. Anda yang memiiliki ide tetapi secara diam-diam rekan kerja anda mengambilnya tanpa anda mendapatkan poin apa-apa. Hati-hati dengan orang seperti ini terutama ketika tengah berbagi ide. Bersikap profesional dan awasi interkasi anda dengan rekan kerja yang berkarakter"penyolong."

Rekan kerja yang tak menyenangkan. Walaupun berada dalam satu kantor, tidak sedikit beberapa rekan kerja berperangi negatif seperti kasar, sombong, egois dan tidak menyenangkan.

Ada tips mengatasi rekan kerja seperti ini. Pertama, sadari bahwa setiap orang pasti memiliki sifat-sifat negatif tertentu akibat faktor pribadi, cobalah berbicara secara terbuka dan kurangi jumlah interaksi dengan orang seperti ini.

Sumber : www.skw.co.id