ARTIKEL


Melakukan Search di Yahoo dengan 'Meta Words'
Rabu, 25 Juni 2008

Melakukan Search di Yahoo dengan 'Meta Words'


Lihat Gambar

 

 

 

 

 

 

 

KapanLagi.com - Sebagai tambahan dari pencarian dengan operator dasar di Yahoo, terdapat beberapa kata kunci tertentu yang disebut oleh Yahoo dengan meta words. Penggunaan kata kunci tersebut akan semakin mempermudah pencarian Anda.

Beberapa meta words itu antara lain:

- site:
Kata kunci ini akan membatasi hasil pencarian hanya dari satu situs. Anda dapat mencari kata Mars di dalam situs NASA dengan mengisikan mars site:nasa.gov.Semua hasilnya akan berasal dari semua situs yang berada di domain nasa.gov. Anda juga bisa menggunakan kata kunci ini untuk membatasi pencarian berdasarkan tipe dari domain seperti .org, .com atau .edu. Sebagai contoh untuk pencarian di situs akademik, Anda bisa mengisikan mars site:.edu.

- hostname:
Kata kunci ini akan membatasi hasil pencarian pada sebuah host di sebuah situs. Contoh pencarian rover hostname:mars.jpl.nasa.gov untuk pencarian kata rover hanya di http://mars.jpl.nasa.gov.

- link:
Anda bisa menggunakan kata kunci ini untuk menemukan situs yang berhubungan dengan suatu URL yang spesifik. Kata kunci ini sangat berguna jika Anda ingin melihat seberapa populernya suatu halaman dengan menemukan seberapa banyak situs lain yang berhubungan dengan halaman ini. Sebagai contoh untuk menemukan situs lain yang memuat link ke http://www.oreilly.com/catalog/amazonhks/, kita bisa mengetikkan link:http://www.oreilly.com/catalog/amazonhks/.

- linkdomain:
Selain bisa mengetahui seberapa banyak link ke suatu halaman, bisa juga berlaku untuk sebuah domain. Contoh pencarian linkdomain:cnet.com untuk mencari halaman yang berhubungan dengan domain http://www.cnet.com.

- URL:
Kata kunci untuk mencari satu halaman di semua hasil pencarian Yahoo. Contoh pencarian url:http://hacks.oreilly.com, akan menampilkan berapa banyak halaman ini tampil di hasil pencarian Yahoo di bagian web, images dan video.

- inURL:
Gunakan kata kunci ini untuk menemukan situs yang mengandung satu kata tertentu pada alamat URL-nya. Contoh untuk menemukan semua situs yang terdapat kata Mars pada alamat URL, ketikkan inurl:mars.

- intitle:
Seperti inurl:, kata kunci ini akan menghasilkan dokumen yang mengandung satu kata tertentu di judul dokumennya. Contohnya untuk menemukan dokumen dengan kata mars di judulnya, ketikkan intitle:mars.

Anda dapat menggunakan operator dasar pencarian untuk dikombinasikan dengan meta word ini. Sebagai contoh ingin mencari kata mars tapi tidak ingin mencari dari situs nasa.gov, ketikkan mars -site:nasa.gov. Karena Yahoo mendukung pencarian dengan input kata yang panjang, Anda dapat juga menambahkan situs lain yang tidak ingin Anda ikutkan dalam pencarian, contohnya: mars -site:nasa.gov -site:mars.com -site:space.com. Tapi kebalikannya jika ingin hanya mencari dari situs-situs itu hilangkan tanda minus, dan jadikan satu nama situs itu dengan tanda kurung, dan gunakan kata kunci OR seperti ini: mars (site:nasa.gov OR site:mars.com OR site:space.com).