ARTIKEL


Perempuan Lebih Berpotensi Terserang Stroke
Jumat, 13 Juni 2008

Perempuan Lebih Berpotensi Terserang Stroke


Lihat Gambar

KapanLagi.com - Berdasarkan laporan Asosiasi Stroke Amerika, lebih dari 100.000 perempuan Amerika di bawah usia 65 tahun terserang stroke setiap tahunnya. Dan lebih dari 83.000 perempuan terserang penyakit jantung setiap tahunnya.

Yang lebih mengagetkan lagi: risiko terserang penyakit ini adalah perempuan usia 45 sampai 54 tahun. Pada usia tersebut, perempuan berpotensi terserang stroke dua kali dibandingkan laki-laki. Dan di tiap-tiap usia itu, stroke yang menyerang perempuan umumnya lebih parah dari pada stroke yang menyerang laki-laki.

Selama ini dipahami bahwa stroke merupakan penyakit yang menyerang laki-laki, tapi dalam perkembangan penelitian saat ini ditemukan fakta yang berbeda, yakni stroke justru lebih banyak menyerang perempuan.

Beberapa sebab terjadinya stroke yang banyak menyerang perempuan adalah tingginya kadar kolesterol dalam darah yang menyebabkan terjadinya penyumbatan, sehingga tekanan darah juga tidak stabil.

Selain itu adalah konsumsi pil kontrol kehamilan dan rokok, terapi hormon pada gejala menapouse, dan migrain yang banyak diidap perempuan.

Bagaimana cara menghindarinya?

Pertama, jangan merokok. Jika anda perempuan yang suka merokok, maka saatnya sekarang mengurangi jumlahnya sebelum akhirnya menghentikan aktivitas itu.

Kedua, pantau tekanan darah anda dan kadar kolesterol dalam darah anda.

Ketiga, banyak konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Ini dapat mengurangi risiko stroke hingga 6%.

Keempat, banyak konsumsi ikan segar. Paling tidak, makanlah ikan sekali dalam seminggu. Ini akan mengurangi 12% potensi stroke.

Kelima, Jika anda mengkonsumsi pil cegah kehamilan atau melakukan terapi hormon untuk menapouse, maka konsultasilah terlebih dahulu pada dokter dan ceritakan kebiasaan atau perilaku hidup anda (seperti kebiasaan merokok, dan lain-lain).

Terakhir, mengurangi kebiasaan minum aspirin (100 mg) setiap hari. hal itu dapat menurunkan risiko stroke hingga 17%.