ARTIKEL


Tips Mencegah Kutil
Rabu, 30 April 2008
Tips Mencegah Kutil Kulit


      Penyakit kutil yang banyak ditemui di masyarakat seringkali tidak diperdulikan, karena dianggap hal biasa, padahal kutil dapat berkembang liar sampai berbahaya jika penanganannya salah. Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu Anda mencegah terjadinya kutil pada kulit :

1.Mandi Bersih
   Mandilah sehari dua kali, dengan air bersih dan jangan mandi di    sembarang tempat seperti WC umum atau sungai. Gunakan sabun    yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Pastikan Anda mandi dengan    bersih sehingga tidak ada sisa-sisa kotoran atau sabun masih    menempel di kulit.

2.Lakukan luluran
   Lakukan luluran secara rutin seminggu sekali. Lulur berfungsi    menyehatkan, menghaluskan, dan menyegarkan kulit. Pilihlah    lulur yang terbuat dari bahan alami untuk menghindari    kemungkinan terjadinya efek samping.

3.Hindari berganti baju dengan orang lain
   Hindari memakai baju yang habis dipakai orang lain. Baju bekas    dipakai tersebut dapat menjadi sumber penularan virus HPV.

4.Hindari seks bebas
   Virus HPV penularannya melalui hubungan seks. Oleh karena itu,    hindari seks bebas. Lakukan hanya dengan pasangan yang sah.

5.Lakukan imunisasi HPV
  Imunisasi itu dapat mencegah penularan virus HPV. Khususnya   bagi wanita, imunisasi ini dapat pula mencegah kemungkinan   terjadinya kanker leher rahim yang banyak menyerang wanita saat   ini.

Sumber : www.info-sehat.com