ARTIKEL


Mencegah Bau Mulut Dengan Makanan Yang Tepat
Jumat, 25 April 2008

Percaya atau tidak, makanan yang kita konsumsi dapat mempengaruhi senyum kita. Setiap makan makanan yang mengandung gula atau tepung, bakteri yang mengumpul di plak dapat membusukan gigi. Memilih makanan alami dapat memerangi bakteri, mengikis plak, menguatkan enamel dan menciptakan napas segar merupakan cara terbaik untuk melindungi gigi.

Untuk itu, kenapa tidak coba konsumsi makanan-makanan yang bisa membantu mengurangi bau mulut? Coba cek apakah Anda sudah mengkonsumsinya..

1. Apel dan wortel
Sejak dulu, banyak dokter gigi yang menganjurkan untuk mengunyah apel atau wortel dapat membantu mengurangi bau mulut. Selain rasanya enak, seratnya pun baik untuk kesehatan pencernaan dan membantu Anda yang tengah menjalankan diet untuk tidak ngemil makanan tinggi kalori.

2. Teh Hijau
Teh hijau mengandung zat aktif bernama catechins yang dapat membunuh bakteri di mulut, sekaligus menghilangkan gula dari plak dan menghilangkan bakteri penyebab napas berbau. Caranya? Minumlah 2 - 5 cangkir teh hijau sehari, baik teh murni maupun yang sudah ada campuran lain.

3. Keju
Penelitian dekade terakhir ini menunjukan bahwa keju yang rendah karbohidrat dan tinggi kalsium dan mengandung fosfat, dapat memberi manfaat pada gigi. Keju dapat melindungi enamel gigi dan memproduksi air liur (saliva) dan membunuh bakteri penyebab timbulnya karang gigi dan penyakit gusi.

4. Air Putih
Minum air merupakan cara terbaik untuk merangsang saliva. Berkumur-kumur membantu mengeluarkan kotoran yang terjebak disela-sela gigi, penyebab bau mulut. Minumlah paling tidak 8 gelas air setiap hari.

5. Yogurt acidophilus (merupakan kelompok makanan probiotik)
Mengkonsumsi yogurt acidophilus setiap hari atau minum suplemen acidophilus, atau makanan probiotik (dosisnya sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan ahli nutrisi) dapat membantu memelihara kesehatan pencernaan. Dengan lancarnya sistem pencernaan, bau mulut dapat dihambat.

 

Sumber : Internet