ARTIKEL


Mengelola Waktu, Menghindari Stres
Jumat, 04 April 2008

Tak dapat dipungkiri rutinitas di kantor seringkali membuat anda jemu dan stres. Pekerjaan yang menumpuk di atas meja rasanya membuat anda ingin teriak. Belum lagi kertas-kertas dan dokumen yang berantakan di atas meja, turut menambah tingkat stres anda.


Memang, sebenarnya banyak cara untuk mengurangi rasa stres. Misalnya dengan keluar ruangan sejenak, menelepon teman, berkirim email, atau membaca cerita-cerita lucu di internet. Tapi semua ini hanya bersifat sementara, setelah melakukan semua itu anda kembali dilanda stres yang cukup berat.


Tahu nggak, ternyata agar terhindar dari stres di kantor, kuncinya adalah 'bagaimana anda mengelola waktu untuk kegiatan anda sejak tiba di kantor hingga beranjak pulang'. Patut anda catat, stres yang anda rasakan seringkali disebabkan karena anda tidak pandai mengatur waktu untuk aktivitas anda. So, aturlah waktu anda seefektif mungkin. Caranya? ikuti kiat di bawah ini:

§        Selesaikan persoalan pribadi di rumah. Jangan membawa masalah pribadi ke lingkungan kerja. Karena dampaknya akan sangat fatal bagi pekerjaan anda. Bisa-bisa pekerjaan tidak selesai akibat pikiran anda terbagi-bagi.

§        Gunakan diary kerja untuk mengatur jadwal kegiatan anda setiap hari, mulai anda berangkat dari rumah sampai kembali lagi ke rumah.

§        Catat kegiatan apa saja yang akan anda lakukan pada hari itu. Tentunya anda harus pandai mengatur dan menyusun jadwal kegiatan anda. Anda boleh saja menyusun semua kegiatan yang akan anda lakukan tapi anda juga harus menyadari kemampuan anda. Coba bayangkan bagaimana seandainya jika anda harus melakukan 20 kegiatan dalam sehari. Jangan lupa, anda bukan superman atau wonder woman. Percuma saja jika anda menyusun banyak kegiatan tetapi anda sendiri tidak mampu melaksanakan semuanya.

§        Karena banyak pekerjaan yang harus anda selesaikan di kantor, maka gunakan waktu dengan tepat. Manfaatkan waktu di pagi hari begitu tiba di kantor untuk membalas email-email yang masuk. Kemudian saat anda mulai bekerja sebaiknya anda tidak menerima telpon dan membalas email yang tidak penting.

§        Beristirahatlah saat memang anda harus beristirahat. Ketahuilah seperti halnya tubuh anda, otak pun akan mengalami kelelahan jika terus menerus digunakan untuk bekerja dan berpikir. Maka saat anda letih, beristirahatlah sejenak. Begitu juga saat anda lapar, jangan memaksakan diri untuk tidak makan. Makanan yang masuk dapat mengembalikan energi anda yang nyaris terkuras, sekaligus menyegarkan pikiran anda.

§         Saat anda membutuhkan konsentrasi, jangan terlalu baik hati dengan menanggapi obrolan teman anda yang tidak perlu. Katakan terus terang bahwa anda bersedia diajak bicara jika jam kerja telah usai.

§         Menjelang pulang, pastikan bahwa pekerjaan anda selesai dengan baik, dengan memeriksanya sekali lagi. Kemudian bereskan peralatan kerja anda. Setelah itu kembalilah ke rumah tanpa mampir ke tempat-tempat yang hanya akan membuang waktu anda.


Nah, kalau anda sudah mengelola waktu anda dengan baik, dijamin anda tidak dihinggapi rasa stres. Anda akan lebih lega menjalani hari esok. Karena anda nggak akan 'diuber-uber' pekerjaan yang tertunda kemarin. Asal tahu saja, jika anda berhasil mengelola waktu dengan baik, berarti anda sudah siap dengan sebuah 'kesuksesan'.