ARTIKEL


Tetap Fresh Dalam Kesibukan
Rabu, 02 April 2008

Siapa sih yang nggak pengin kelihatan 'fresh' setiap hari..? Tetapi masalahnya sulit juga ya mempertahankan kesegaran tubuh sementara pekerjaan di kantor begitu padat. Karena, di kantor energi dan waktu anda banyak terkuras untuk kerja dan kerja. Sehingga sepertinya anda terlihat segar di kantor ketika pagi hari saja. Selebihnya kesegaran anda hanya tinggal sisa-sisanya.


Tapi nggak perlu cemas, semua bisa diatasi kok. Berikut ini adalah tips agar anda selalu segar walau aktivitas anda begitu padat di kantor:


* Minum air putih 8 gelas sehari
Meski sibuk, jangan lupa untuk meminum air putih paling tidak 8 gelas setiap harinya. Untuk itu siapkan selalu di meja kerja anda botol air mineral. Sehingga setiap kali anda haus anda nggak butuh waktu lama untuk segera minum. Ingat, kekurangan air terutama air putih, akan menyebabkan kulit kering dan tubuh lemah.


* Konsumsi buah-buahan
Buah memang sangat bagus untuk kesehatan. Tapi kalau sedang sibuk di kantor, kemungkinan untuk mengkonsumsi buah sangatlah kecil. Maka kalau perlu bawalah bekal buah dalam tas anda. Pilih buah yang banyak mengandung air dan praktis dibawa seperti apel, jeruk, dan buah pir. Santaplah buah ini setelah makan siang sekitar jam 1 sampai jam 3 siang. Karena di saat itu biasanya kondisi otak dan tubuh mulai berada di titik jenuh. Dengan mengkonsumsi buah, akan membantu mengembalikan kebugaran anda.


* Lakukan gerakan ringan
Aktivitas kerja seperti mengetik sambil menatap layar komputer terus menerus bisa menyebabkan tangan dan leher anda tegang. Untuk mengatasinya lakukan gerakan 'stretching' ringan yang bisa anda lakukan tanpa perlu keluar ruangan. Misalnya dengan mengangkat kedua tangan ke atas kepala sambil menarik napas dalam-dalam kemudian hembuskan perlahan-lahan. Gerakan ini bisa anda lakukan sambil duduk. Bisa juga anda menggerakkan dan memutar kepala ke kiri dan ke kanan. Gerakan lainnya adalah anda berdiri dengan posisi menjinjitkan kaki kemudian kembali ke posisi semula. Lakukan beberapa saat sampai merasa tubuh anda segar kembali.


* Dengarkan musik
Mendengarkan musik dapat mengatasi pikiran anda yang 'suntuk'. Karena itu nggak ada salahnya sambil bekerja dengarkan musik dari komputer anda. Pasang volume musik sesuai konsumsi telinga anda dan jangan sampai mengganggu konsentrasi kerja rekan anda. Kalau perlu dengarkan musik lewat 'earphone'. Dengan catatan, anda sudah terbiasa bekerja sambil mendengarkan musik.

* Lakukan senam muka
Saat anda mulai mengantuk, jangan didiamkan saja. Beranjaklah ke 'rest room' dan basuhlah wajah anda dengan air dingin dan keringkan dengan tisue. Perhatikan wajah anda di cermin, lalu lakukan senam wajah beberapa saat dengan membuka mulut lebar-lebar kemudian mengatupkannya dan memelototkan mata dengan gerakan bola mata ke kiri ke kanan. Setelah itu jangan lupa rapihkan penampilan anda di depan cermin. Sisirlah rambut dan benahi pakaian anda. Dengan demikian rasa kantuk anda akan hilang dan anda pun segar kembali.


Dengan demikian, anda akan terhindar dari keletihan dan kelesuan tubuh yang mengganggu. Hal ini akan sangat mendukung anda dalam menuntaskan pekerjaan. Coba bayangkan bagaimana rasanya jika tubuh anda lemah dan lesu sementara banyak yang harus anda kerjakan..? Sangat tidak nyaman kan...? Makanya latihlah diri anda untuk selalu menjaga kesegaran tubuh. Walau kelihatan ringan, tapi dampaknya begitu besar bagi kesehatan dan kelangsungan kerja anda.(astaga-karir)