ARTIKEL


Persiapan Diri Kerja Lembur
Selasa, 01 April 2008

Lembur sering kali dilakukan demi selesainya pekerjaan, karena ‘deadline’ sudah mendesak. Tapi tau nggak sih, untuk lembur anda juga harus mempersiapkan segala sesuatunya. Karena lembur bukanlah sekedar pulang lebih lama dari jam resmi kantor. Anda yang lembur harus menunjukkan hasil ‘lembur’ keesokan harinya pada bos. Agar lembur anda berlangsung sukses coba simak tips lembur di bawah ini:

* Pastikan kondisi anda siap untuk lembur, dalam arti anda dalam keadaan sehat wal’afiat atau tidak sakit. Karena dalam keadaan sakit, jangankan lembur, bekerja seperti biasa saja rasanya sulit.


* Informasikan lewat telepon kepada orang rumah bahwa hari itu anda kerja lembur. Maksudnya tentu saja agar orang-orang di rumah tidak kelabakan mencari-cari anda karena terlambat pulang. Dan andapun dapat lebih tenang lembur di kantor.


* Persiapkan bahan-bahan untuk lembur, seperti berbagai dokumen, peralatan kerja, kertas-kertas, dll. Sehingga saat lembur, anda nggak terlalu repot mencari-cari keperluan kerja anda.


* Persiapkan makanan ringan atau camilan di meja anda. Jadi sambil kerja lembur, anda bisa sambil ‘ngemil’, karena udara malam yang dingin, terlebih di ruang ber-AC biasanya membuat perut anda sering lapar. Tapi sebaiknya, sebelum mulai lembur, anda makan malam terlebih dulu sebagai antisipasi lapar saat kerja lembur.

* Jangan memanfaatkan jam lembur untuk hal-hal pribadi secara berlebihan. Misalnya bertelepon dengan teman atau pacar dalam waktu yang lama, ‘chatting’ di internet, atau santai-santai di kantor. Karena hal ini hanya membuat lembur anda tidak efektif.

* Jangan terlalu lama ‘ngobrol’ dengan teman yang juga lembur. Sekedar mengusir sepi dan biar nggak ‘bete’ boleh lah. Tapi jangan sampai waktu lembur anda lebih banyak tersita untuk ngobrol dan bercanda daripada kerjanya.


* Kerjalah secara serius seperti halnya kerja di waktu biasa. Ingat, kalau anda lembur, esok harinya anda harus menunjukkan hasil lembur pada bos. Tunjukkan bahwa anda tidak menggunakan tambahan jam kerja hanya untuk ‘surfing’ atau ‘chatting’ di internet, membaca surat kabar, bicara di telepon atau duduk-duduk santai saja, melainkan ada hasil yang bisa anda tunjukkan pada bos.


Selesai lembur, jangan memanfaatkan sisa waktu untuk hal-hal yang nggak perlu. Lebih baik anda persiapkan keperluan kerja esok kemudian langsung pulang. Anda harus segera istirahat, jangan lupa esok hari anda harus kembali ke kantor untuk keperluan kerja seperti biasa. Selamat lembur…!

(astaga.com)