ARTIKEL


4 Tips Sederhana Menangkal BB
Senin, 31 Maret 2008

Secantik dan seganteng apapun kita, namun jika tercium aroma yang tak sedap dari tubuh, pasti tak ada yang ingin mendekat. Nah, agar tubuh selalu segar dan wangi, cobalah untuk menjalankan beberapa tips berikut ini..


1. Mandi

Ritual yang wajib dilakukan biar badan nggak bau adalah mandi. Jangan lupa untuk mandi minimal dua kali sehari. Tapi jangan cuma asal mandi ya! Perhatikan benar-benar kebersihan tubuhmu, yakinkan bahwa telah semua bagian tubuhmu bersih. Gosok bagian lipatan-lipatan tubuh dengan sabun anti bakteri. Jangan lupa bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi bau badan adalah bersih tidaknya saat mandi. Nah kalau sudah melakukan itu, berarti satu faktor penyebab bau badan telah teratasi.


2. Pakai Deodorant

Sesudah mandi pakailah deodorant di bagian bawah ketiakmu. Pilih produk yang cocok dengan kulitmu, agar tak terjadi iritasi. Kalau perlu, saat aktivitasmu berlebih kamu bisa mengoleskan deodorant lagi pada tengah hari. Tapi sebelumnya, ada baiknya kalau kamu membersihkan ketiakmu terlebih dahulu. Kamu bisa gunakan air dan handuk kecil untuk mengeringkannya sebelum dioles deodorant.


3. Kurangi Makanan Penyebab BB

Kalau badanmu masih bau juga, coba deh kurangi makan makanan yang merangsang produksi minyak berlebihan. Karena bagaimanapun, bau badan juga dipengaruhi oleh makanan yang kamu konsumsi. Jenis makanan yang musti dihindari adalah makanan pedas, makanan berminyak, bersantan dan juga makanan yang memiliki aroma kuat seperti daging kambing, bawang putih dan bawang merah.



4. Pergi Ke Dokter

Kalau tips di atas sudah kamu lakukan dengan benar dan tubuhmu masih saja bau, sebaiknya pergilah ke dokter. Siapa tahu ada yang salah dengan kelenjar keringatmu. Mungkin ada kelenjar di bawah ketiak yang terlalu banyak memproduksi keringat sehingga mengakibatkan bau yang sangat tidak sedap. Karena itu cobalah cek ke dokter.

 

(Astaga.Com)