ARTIKEL


GANGGANG LAUT AMPUH SERAP KARBONDIOKSIDA
Senin, 10 Desember 2007

Metrotvnews.com, Nusa Dua: Para ilmuwan di Konferensi Perserikatan Bang-Bangsa tentang Perubahan Iklim di Nusa Dua, Bali, Sabtu (8/12), merekomendasikan penggunaan ganggang laut sebagai senjata menghadapi pemanasan global. Ganggang tersebut dinilai jauh lebih ampuh menyedot karbondioksida dari atmosfir dibanding hutan hujan.

Salah satu pelopor proyek tersebut adalah ahli lingkungan Korea Selatan Chung Ikkyo. Menurut Chung, proses kerja penyerapan karbondioksida oleh ganggang dan rumput laut sama seperti di darat. Ganggang dan rumput laut menyerap karbondioksida melalui proses fotosintesis dan membentuk biomassa.

Namun, kemampuan ganggang dan rumput laut dalam menyerap karbondioksida bisa lima kali lebih besar dibanding tumbuhan di darat. Pertumbuhannya pun sangat cepat. Hasil penelitian tersebut didukung oleh para ilmuwan dari 12 negara. Berdasarkan penelitian itu, Asia Pasifik tercatat sebagai penghasil ganggang dan rumput laut terbesar di dunia, yakni sekitar 80 persen dari produksi global. Sebagian besar berada di China, Korea Selatan dan Jepang.

Sumber : metro tv online edisi sabtu 8 Desember 2007