ARTIKEL


Ada Petir di Planet Venus
Sabtu, 08 Desember 2007

Untuk pertama kalinya, keberadaan petir di atmosfer Planet Venus berhasil dibuktikan secara ilmiah. Wahana milik Eropa yang mengamati planet tersebut dari dekat, Venus Express, berhasil merekamnya.

Selama hampir 30 tahun, para astronom sudah yakin bahwa petir seperti di atmosfer Bumi juga terjadi di Venus. Pada tahun 1978, wahana milik NASA merekam tanda-tanda locatan listrik di atmosfer Venus. Namun, bukti tersebut belum kuat karena adanya interferensi sinyal.

Hipotesis tersebut semakin kuat setelah antena magnetik yang dibawa Venus Express merekamnya dengan jelas. Memang bukan dalam bentuk foto, melainkan perubahan sifat-sifat magnetik.

"Kami yakin ini bukti definitif pertama adanya petir di Venus," ujar David Grinspoon dari Museum Alam dan Sains Denver dalam sebuah konferensi pers di Paris, Rabu (28/11).

Temuan ini sangat penting karena petir memengaruhi sifat kimia atmosfer, salah satu informasi yang dibutuhkan para ilmuwan untuk mempelajari lebih lanjut iklim di Venus. Petir juga diyakini sebagai energi yang memicu kehidupan.    

Menurut CT Russell, penulis temuan ilmiah yang dipublikasikan jurnal Nature edisi terbaru ini, petir meloncat dari awan ke awan yang berada sekitar 56 kilometer dari permukaan Venus. Meski demikian, petir mungkin tak dapat dilihat dari permukaan Venus mengingat atmosfernya 100 kali lebih pekat daripada atmosfer Bumi, 900 derajat lebih panas, dan hamparan awan gelap dari asam sulfur.

Sumber : KCM