ARTIKEL


Merawat Peralatan Makan Keramik
Sabtu, 08 Desember 2007

Piring, mangkuk, cangkir dari keramik kini sedang digemari. Harganya relatif murah dan motif serta warnanya sangat beragam. Dengan sedikit trik peralatan makan keramik mudah dipadu padan. Bukan hanya itu, bisa juga dijadikan wadah buah atau vas. Coba saja simak tips lengkapnya berikut ini.

Keramik Plus Lapisan: Peralatan makan keramik dengan desain etnik dan warna-warna alami memang sedang digemari. Dalam menentukan pilihan kecuali warna, desain dan harga ada hal penting yang tak boleh dilupakan. Lapisan atau glazuur yang melapisi peralatan tersebut harus benar-benar aman untuk makanan. Pastikan pada pembuatnya. Pilih yang lapisannya halus, tidak banyak berpori-pori atau poreus agar bahan makanan tidak mudah terserap atau 'mengendap' pada lapisannya.

Warna: Sebelum memilih,ada baiknya cek dahulu warna dominan pada koleksi peralatan makan yang sudah Anda miliki. Peralatan dari keramik bisa dipadukan dengan keramik halus. Pilih warna-warna netral yang mudah dipadu padan. Misalnya putih, cokelat terracota atau biru tua dan hitam. Dengan cara ini peralatan baru bisa dengan mudah dipadukan. Perhatikan juga koleksi placemat, taplak dan serbet yang sudah Anda miliki.

Pemakaian: Khusus untuk peralatan makan yang besar seperti mangkuk sayur, juga air atau piring datar besar bisa juga Anda manfaatkan untuk mempercantik tata meja. Misalnya mangkuk besar bisa dipakai untuk buah segar, jug air bisa dipakai untuk vas.

Mencuci: Agar tahan lama, cuci peralatan makan keramik dengan air sabun yang hangat. Lap hingga kering dan usahakan jangan menumpuk terlalu banyak. Pastikan juga cukup ada ruang untuk mengambil atau menata karena keramik berlapisan ini mudah sekali retak.

Sumber : detikfood