ARTIKEL


Mengenal Siklus Pengolahan Makanan dalam Tubuh
Sabtu, 08 Desember 2007

Di dalam tubuh kita terdapat aktivitas biologi yang bekerja secara sistematis selama 24 jam tanpa henti untuk mengolah makanan, mulai dari dicerna, diserap sampai dibuang. Siklus ini selalu berubah, baik itu pada pagi hari, siang hari ataupun malam hari. Siklus pengolahan makanan tersebut terdiri dari:

- tahap mencerna makanan
Berlangsung dari pukul 12 siang sampai 08 malam. Pada tahap ini energi yang ada dalam tubuh akan lebih banyak dipusatkan untuk mencerna makanan. Tahap ini adalah waktu yang tepat untuk mengkonsumsi asupan padat.

- tahap menyerap makanan
Dimulai dari pukul 08 malam sampai dengan pukul 04 pagi. Pada tahap ini sangat disarankan untuk tidak lagi mengkonsumsi makanan agar energi tubuh hanya terpusat pada penyerapan makanan.

- tahap membuang sisa makanan yang tidak terpakai
Pada tahapan inilah tubuh membutuhkan banyak energi untuk membuang sisa makanan yang tidak terpakai. Sehingga akan lebih baik bila pada tahap ini kita tidak mengkonsumsi makanan padat karena proses pencernaannya membutuhkan waktu yang lama. Tahap pembuangan ini berlangsung antara pukul 04 pagi sampai pukul 12 siang.

Metode Food Combining
Apabila Anda berencana menjalani metode food combining, siklus pengolahan makanan dalam tubuh ini harus Anda ketahui terlebih dahulu, untuk memudahkan Anda mengatur komposisi asupan  makanan yang membentuk asam-basa. Tapi sebelum melakukan metode ini sebaiknya Anda konsultasi terlebih dahulu dengan ahli food combining atau dokter.

Sumber : kompas.com