ARTIKEL


Menyimpan Data : Teknologi DAT Melalui USB yang Terjangkau dan Aman
Sabtu, 08 Desember 2007
 

Banyak di antara kita tidak menyadari pentingnya perlindungan data-data digital yang terdapat dalam komputer yang kita gunakan. Sebagian besar kita menganggap data-data yang ada di dalam komputer akan aman dan tidak mungkin hilang begitu saja.

Ketika terjadi kesalahan mekanik hard disk komputer, sehingga tidak bisa diakses, baru kita menyadari kalau foto-foto digital perjalanan liburan sekeluarga di dalamnya menjadi terlalu penting untuk dibiarkan hilang begitu saja. Kita pun mulai mengumpat, mulai dari merek, sistem operasi, aplikasi, sistem listrik, dan sebagainya.

Penyimpanan data-data digital dalam era semakin cepatnya akses jaringan internet menjadi terlalu penting untuk diabaikan begitu saja.

Selama ini kita berpikir, dengan semakin murahnya hard disk, kita akan aman untuk menambah kapasitas penyimpanan kapan pun diinginkan.

Padahal, setiap teknologi pasti memiliki kelemahan tersendiri. Ancaman keamanan data pun bukan sekadar kegagalan mekanis, melainkan juga di era teknologi komunikasi informasi sekarang ini hal itu bisa berasal dari mana pun, dalam berbagai bentuk, mulai dari virus sampai pencurian data.

Teknologi DAT

Sudah sejak lama Hewlett-Packard (HP), raksasa perusahaan komputer AS, mengembangkan sistem penyimpanan alternatif back-up untuk melindungi data digital yang tersimpan di dalam komputer.

Menggunakan teknologi DAT (digital audio tape) yang dikembangkan berdasarkan format DDS (digital data storage) yang merupakan kerja sama antara HP dan Sony.

Belum lama ini HP memperkenalkan sistem perlindungan data dengan teknologi DAT yang disebut HP StorageWorks DAT 160 USB dalam ukuran yang lebih kecil serta menggunakan medium USB (universal serial bus) yang lebih terjangkau ketimbang menggunakan sistem SCSI (Small Computer Systems Interface) yang selama ini menguasai industri back-up. Perangkat penyimpan tambahan tersebut cocok untuk digunakan pada perusahaan-perusahaan kecil dan menengah yang memiliki dana terbatas untuk membeli sistem penyimpanan yang menggunakan teknologi SCSI yang lebih mahal.

Mampu menyimpan data 160GB pada kaset jenis DAT, StorageWorks DAT 160 USB ini mempunyai kecepatan penyimpanan 50GB per jam dengan asumsi kompresi data yang disimpan dengan rasio 2 berbanding 1. Perangkat penyimpan kaset DAT buatan HP ini dapat digunakan untuk berbagai kepentingan, mulai dari membuat cadangan pada server sampai pada penyimpanan data individual yang menggunakan komputer notebook.

Penggunaan teknologi DAT pada produk StorageWorks DAT 160 USB ini menjadikan investasi menjadi lebih murah karena tidak perlu menambah antarmuka SCSI yang sebelumnya menjadi standar industri dalam sistem penyimpanan DAT. Kehadiran StorageWorks buatan HP ini setidaknya memberikan perasaan aman, setidaknya kita tahu bahwa data-data digital yang kita miliki ada di salah satu pita kaset DAT.

Sumber : www.kompas.com