ARTIKEL


Cuci Tangan Sebelum Makan, Penting!
Rabu, 28 November 2007

Diri kita adalah cerminan yang kita makan. Itu pesan yang patut kita ingat seperti disampaikan olah Dr. Fiastuti Witjaksono, Sp OK, salah seorang pembicara dalam seminar Sakit Perut dan Penanganannya, di Jakarta dan Surabaya, beberapa waktu lalu.

Menurut Dr. Fiastuti, hal umum yang menyebabkan orang mengalami gangguan pencernaan antara lain pola makan tidak teratur, sering terlambat makan, kurang mengonsumsi sayur dan buah, terlalu cepat mengonsumsi makanan, dan makan dalam jumlah terlalu banyak.

Karena itu, seperti dijabarkan oleh dokter dari Klinik Spesialis Semanggi ini, salah satu upaya untuk menjaga agar saluran cerna tetap sehat adalah dengan memulai pola makan sehat, yaitu makan sesuai kebutuhan, komposisinya seimbang, dan cukup serat. Jangan lupa, lakukan aktivitas yang sehat seperti olahraga.

Pembicara lain, Dr. Handrawan Nadesul, menyarankan cara termudah untuk menjaga agar pencernaan tetap sehat ialah dengan selalu mencuci tangan sebelum makan. “Kelihatannya sederhana tetapi justru kesalahannya ialah orang masih menganggap remeh. Akibatnya, sumber penyakit dan bakteri mudah masuk ke makanan yang kita makan," ungkapnya.

Cuci tangan yang benar pun menurutnya, belum banyak orang yang tahu. Sekadar basah saja. Padahal, ruas jari tangan juga perlu dibasuh dengan sabun.

Repotnya, menurut dia, walaupun pentingnya cuci tangan sudah sering dikampanyakan, mengajarkan agar lingkungan sekitar tetap bersih masih kurang. “Mau makan pun sebaiknya pilih restoran yang bersih, baik ruang makan atau ruang masaknya," katanya.

Pentingnya menjaga saluran cerna juga diutarakan oleh Dr. Ongko Susetia Totoprajogo, Sp.GK. Beberapa bahan makanan yang perlu dibatasi masuk dalam lambung ialah susu, terigu, kopi, alkohol, dan lemak. Kita juga perlu membatasi penggunaan antibiotika dan mengelola stres agar tidak depresi.

Di dalam lambung, ada mikroba flora usus yang berfungsi menjaga keseimbangan unsur-unsur yang bekerja untuk mengolah makanan. Konon, konsumsi makanan yang disebut di atas secara berlebihan bisa menyebabkan gangguan usus dan membuat orang mengeluh sakit perut.

Sumber : www.kompas.com