ARTIKEL


Cuci Tangan Lebih Efektif dari Obat
Rabu, 28 November 2007


Janganlah malas mencuci tangan, terutama setelah kontak dengan lingkungan luar. Karena perlindungan fisik seperti mencuci tangan, memakai masker dan jubah, lebih efektif ketimbang obat dalam mencegah penyebaran virus pernapasan, seperti influenza dan SARS.

"Cukup banyak bukti yang menyebutkan penggunaan vaksin dan obat antiviral saja belum cukup untuk menghambat penyebaran virus influenza," tulis peneliti dalam British Medical Journal.

Berdasarkan hasil analisa terhadap 51 penelitian, para peneliti menyimpulkan bahwa tindakan sederhana dan murah seperti mencuci tangan atau memakai masker seharunya dijadikan prioritas untuk mencegah pandemi penyakit.

Penelitian-penelitian tersebut antara lain difokuskan pada pencegahan penularan virus dari hewan ke manusia, atau antara manusia. Bentuk pencegahannya berupa isolasi, karantina, pengucilan sosial, proteksi pribadi dan meningkatkan higienitas. Pemberian vaksin dan obat antiviral tidak termasuk di antaranya.

Penelitian lain yang dipublikasikan dalam Cochrane Library Journal edisi bulan November juga mendukung kesimpulan para peneliti. Antara lain disebutkan mencuci tangan dengan air dan sabun merupakan langkah sederhana namun efektif untuk melawan penyebaran virus pernapasan, mulai dari virus flu biasa hingga pandemi yang mematikan. (REUTERS/An)

Sumber : www.kompas.com