ARTIKEL


Ponsel, Bau Mulut, dan Kegemukan
Kamis, 11 Oktober 2007
Jakarta:
Banyak pria Jepang yang khawatir atas hasil survei pemerintah baru-baru ini. Survei itu mengatakan rata-rata pria usia 40 tahun ke atas kini lebih gemuk ketimbang para pendahulunya 12 tahun lalu. Itu dikarenakan mereka kurang berolahraga. Sedangkan para wanitanya lebih ramping lantaran lebih peduli pada kesehatan.

Pengumuman survei itu menjadi cantelan yang tepat bagi operator telekomunikasi seluler terbesar Jepang, NTT DoCoMo, untuk memperkenalkan telepon seluler terbarunya. Di ajang Combined Exhibition of Advanced Technologies 2007 di Chiba, Perfektorat Shizuoka, yang berakhir Sabtu lalu, NTT DoCoMo memamerkan prototipe ponsel yang dinamai Wellness Navigator.

Ponsel itu dibuat oleh Mitsubishi Electric Co. Bukan lagi sekadar alat komunikasi, Wellness Navigator dilengkapi dengan perangkat pengukuran kesehatan tubuh. Di dalamnya terkandung sensor-sensor untuk mengukur tingkat bau mulut tak sedap, pedometer atau pengukur jumlah langkah yang dilakukan, pengukur ketebalan lemak tubuh, dan pendeteksi detak jantung.

Untuk mengukur tingkat bau mulut, pengguna harus meniupkan hawa mulutnya ke dekat ponsel. Serta-merta ponsel akan menampilkan hasil pengukurannya. Sementara itu, untuk mengetahui besaran indeks massa tubuh, pengguna harus menekan kedua ujung ponsel dengan genggaman telapak tangannya. Tak lama berselang, di layar akan ditampilkan persentase indeks massa tubuh yang mengabarkan apakah seseorang kegemukan atau tidak.

Menurut juru bicara NTT DoCoMo, Kentaro Endo, "Kelompok yang menjadi target utama kami adalah para pebisnis berusia setengah baya yang tengah melawan kegemukan dan para wanita yang menjalani diet." Namun, NTT DoCoMo tak mengumumkan detail spesifikasi dari Wellness Navigator ini. Juga tak disebutkan berapa harga produk ini serta kapan siap tersedia di pasar.

NTT DoCoMO terkenal dengan inovasinya dan penyedia model untuk beragam kalangan. Misalnya ponsel RakuRaku, yang memiliki fungsi dasar menghilangkan atribut tak penting yang dikhususkan untuk orang lanjut usia. Ada juga ponsel yang mikrofon dan pengeras suaranya menerapkan metode konduksi tulang. Ini diperuntukkan bagi penderita gangguan pendengaran dan bicara. Ada juga Kids' Phone dan D702iF, yang kaya warna dan bergaya untuk para wanita.

Kelak, jika Wellness Navigator ini benar-benar hadir, para pria gemuk yang berangan-angan memiliki postur ideal boleh memilikinya. Juga para pria yang tak ingin kencan pertamanya gagal karena napasnya berbau naga.
 

Sumber : TEMPO Interaktif