ARTIKEL


Tidur Ngorok Bisa Menimbulkan Penyakit Kronis
Kamis, 04 Oktober 2007

Surabaya - Bagi anda yang mempunyai kebiasaan tidur dengan mendengkur, mulai saat ini anda harus berhati-hati. Karena mendengkur atau ngorok saat tidur bisa memicu penyakit jantung, pembuluh darah, stroke, darah tinggi, kencing manis dan impoten.

"Mendengkur atau ngorok ini melanda 15 persen jumlah populasi. Dan melanda pada semua usia, baik anak maupun dewasa, pria serta wanita ," kata ahli telinga hidung dan tenggorokan RS Pelabuhan Surabaya, dr Wiyono Hadi SpTHT saat kepada detiksurabaya.com

Wiyono menyatakan, ngorok atau mendengkur ini terjadi karena tersumbatnya sebagian dari saluran atas sehingga bisa menimbulkan bunyi yang bisa mengganggu sekitarnya. Sumbatan tersebut bisa memiliki potensi sumbatan total, seperti tidak mempunyai nafas dan kekurangan oksigen.

Sumber munculnya ngorok ini karena 3 hal yakni, pada hidung, tenggorokan pada pangkal lidah dan langit-langit mulut yang lunak.

"Bila dibiarkan, kebiasaan ngorok ini menimbulkan penyakit jantung, pembuluh darah, stroke, darah tinggi, kencing manis dan impoten," tambahnya.

Biasanya, kata dia, pada anak-anak yang memiliki kebiasan ngorok karena mempunyai penyakit amandel. Sedangkan pada dewasa, ngorok disebabkan karena kegemukan. Sebab orang gemuk memiliki leher lebih besar sehingga saluran nafas menjadi sempit.

"Kalau dibiarkan gemuk dan kebiasaan ngorok ini, maka potensi terkena penyakit di atas sangat bisa," jelasnya.

Sumber : Detiksurabaya.com