ARTIKEL


Sang Pembersih Alami
Jumat, 21 September 2007

Pangkal Pinang:
Kawasan rawa (wetland) sudah dikenal sebagai "dinas kebersihan" di alam. Kawasan ini sanggup membersihkan kandungan racun dan logam berat di air, pengurai sedimentasi, dan pencegah banjir.

Rawa membersihkan racun-racun di air lantaran keberadaan tetumbuhan air dan aktivitas mikrobial di dalam rawa. Rawa memisahkan kandungan toksik dan mendaur ulang nutrisi di air lalu mengendapkannya, dibuat tak aktif, atau digabungkan menjadi biomassa.

Itu terjadi melalui adsorpsi dan penyerapan oleh partikel tanah, diserap ke permukaan oleh vegetasi, lantas dibuang ke atmosfer lewat dekomposisi serta pertukaran antara atmosfer dan air.

Rawa dapat membuang kandungan logam berat lantaran adanya tanah lempung, humus, aluminium, besi, dan kalsium di dalamnya. Logam memasuki rawa melalui ionisasi negatif dari partikel lempung. Kandungan humus dan mineral lainnya lalu mengendapkan logam berat selaku senyawa anorganik (termasuk oksida logam, hidroksida, dan karbonat yang dikontrol oleh sistem pH).

Rawa memindahkan lebih banyak logam lantaran aliran airnya berlangsung lambat sehingga ada banyak waktu bagi terjadinya proses kimia sebelum air keluar dari rawa tersebut.

Sumber : TEMPO Interaktif