ARTIKEL


Penyakit Itu Bersumber dari Kotoran Hati
Kamis, 13 September 2007

 

 

Penyakit Itu Bersumber dari Kotoran Hati

 

K

alau kita teliti secara mendalam timbulnya suatu penderitaan atau penyakit itu sebenarnya sebagian besar bersumber dari manusia itu sendiri. Didalam Ilmu Kedokteran dikenal bahwa seseorang akan sakit bila terjadi ketidak seimbangan antara lingkungan dengan manusia,. Secara sederhana akan dapat ditafsirkan bahwa kalau lingkungan yang berubah maka tentulah banyak orang yang kan menjadi sakit., bahkan mungkin akan terjadi wabah. Jadi kalau yang sakit itu hanya seorang saja dalam satu keluarga, maka sangat mungkin yang berubah adalah sisakit tadi. Banyak kasus semacam ini yang mnunjukkan penyakit atau keluhan-keluhan sakit apabila diperiksa ataupun diteliti dengan peralatan yang serba modern teryata tidak ditemukan suatu kelainan yang dapat menerangkan  penyakitnya atau keluhan sakitnta tadi. Jadi dapatlah ditarik kesimpulan bahwa tentunya si orang sakit tadi yang sakit adalah hatinya atau rokhaninya.

Penyakit-penyakit yang bersarang di hati manusia antara lain lemah jiwa, putus asa, angkuh, gembira tak terbatas, bermegah diri, angkar pada kebenaran, tidak tahu terima kasih, tergesa-gesa, sempit dada, kurang panjang akal, kikir berbuat baik, bakhil pada harta, pembantah, loba, pamer, bimbang pada kebenaran, menentang kekuasaan Tuhan, durhaka terpesona oleh keduniawian. Hal-hal yang demikian ini justru merupakan locus minoris untuk dirinya sendiri maupun untuk manusai sekelilingnya.

Dari 394 orang yang diselidiki oleh seorang ahli terdapat factor lingkungan yang mempunyai pengaruh terhadap ketenangan jiwa seseorang, yang ternyata bahwa kematian istri atau suami merupakan factor yang selalu menyebabkan bermacam keluhan atau rasa sakit pada penderita.

Bailes merumuskan bahwa penyakit itu disebabkan oleh alam fikiran, kalau fikiran itu baik maka tubuh kita jadi sehat, demikian juga sebaliknya bila fikiran itu tidak baik maka badan kita jadi sakit.

Kalau kita hayati hidup ini, terasalah bagi kita betapa komplenya ciptaan ALLAH yang berupa manusia ini. Kita lihat dan kita alami : bila seseorang malu mukanya menjadi merah; kalau marah mukanya merah gelap bahkan bis sampai pingsan. KAlau takut mukannya menjadi pucat. Jadi jela, adanya perubahangerak hati akan menyebabkan pula pada jasmaninya. Berat ringannya perubahan jasmani ini tergantung pula pada berat ringannya problema hati.

Dari hasil penelitian Amirican psychiatrists Association dan The Association of Medical College di New York, dikemukan antara lain : Para dokter pada waktu ini mengetahui banyak sekali tentang penyakit, akan tetapi hanya sedikit mengetahui tentang orang dan hal tersebut sangat kronik. Para dokter telah gagal memberikan kepuasaan batin yang diperlukan oleh penderita, karena mereka hanya diperlukan sebagai pasien langganan saja, kurang memperlakukan sebagai teman hidup.

Dari uraian diatas jelaslah bahwa sumber penyakit itu sebagian besar berasal dari kekotoran hati, yang justru seringkali dilupakan oleh Dokter. Dan untuk mencagah timbulnya penyakit tadi dapat dilakukan dengan pembersihan hati, yang berarti tunduk dan patuh pada aturan ALLAH dengan menjalankan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya.

( Disarikan dari majalah doketr Ahmad H. Asdie berjudul  “ Tawakal kepada allah dalam kehidupan khususnya dalam kesembuhan penyakit “/ Admin DINSOS )