ARTIKEL


Dari Titanic sampai Adam
Rabu, 05 September 2007

Jakarta: Remote Operation Vehicle (ROV) adalah nama umum bagi kapal selam mini yang kerap digunakan pada industri minyak dan gas lepas pantai. Kapal selam ini tak berawak, tapi dioperasikan dari kapal lain. Keduanya terhubung melalui kabel yang berfungsi juga sebagai penambat.

ROV tersusun dari satu set pengapung besar di atas sasis baja atau aluminium agar. Pengapung itu biasanya terbuat dari busa sintetis. Di bagian bawah konstruksi terpasang alat-alat sensor yang berat.

Komposisi ini--komponen ringan di atas dan berat di bawah--akan menghasilkan pemisahan yang besar antara pusat apung dan pusat gravitasi. Maka alat ini pun lebih stabil di dasar laut saat melakukan tugas-tugasnya.

ROV memiliki kemampuan manuver yang tinggi. Kabel tambat berfungsi mengirimkan energi listrik serta data video dan sinyal. Saat bertugas memasang kabel-kabel listrik tegangan tinggi, ROV biasanya ditambahkan tenaga hidrolik.

Kebanyakan ROV dilengkapi dengan kamera video dan lampu. Kemampuannya bisa ditingkatkan dengan menambahkan sonar, magnetometer, kamera foto, manipulator atau lengan robotik, pengambil sampel air, dan alat pengukur kejernihan air, penetrasi cahaya, serta temperatur.

Kabel-kabel ROV dilapisi dengan tabung penuh minyak agar terhindar dari korosi air laut. Alat pendorong dipasang di tiga lokasi agar menghasilkan kontrol penuh terhadap alat itu. Adapun kamera, lampu, dan lengan manipulator berada di bagian depan atau belakang.

Teknologi ROV dikembangkan sejak 1960-an oleh Angkatan Laut Amerika Serikat. Pada awalnya ditujukan untuk operasi penyelamatan dan pengambilan obyek di dasar laut.

Kini, selain dipakai buat industri, ROV dipakai untuk melokalisasi banyak kapal karam. Di antaranya adalah kapal RMS Titanic, Bismarck, USS Yorktown, dan SS Central America. Pada kasus SS Central America, ROV bahkan mengangkat sejumlah material ke permukaan.

Sumber : TEMPO Interaktif