ARTIKEL


Depresi melanda Masyarakat
Senin, 27 Agustus 2007

94 Persen Masyarakat Mengalami Depresi

Jakarta:Sebagian besar masyarakat Indonesia saat ini mengidap depresi, dari tingkat yang ringan sampai berat. "Hasil penelitian dokter kesehatan jiwa menunjukkan 94 persen masyarakat saat ini mengindap depresi," kata Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia Fachmi Idris.

Fachmi mengatakan, temuan itu merupakan hasil penelitian terbaru dari Persatuan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa. “Angka itu dari tingkat yang tinggi sampai tingkat yang rendah,” katanya seusai bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Kantor Kepresidenan Jakarta.

Menurut Fachmi, depresi ringan dapat ditandai dengan orang yang mudah marah dan kecewa. Sementara itu, depresi berat dapat berupa orang yang tidak mau bekerja, apatis, pasif, malas, pasrah pada keadaan.

Dia menambahkan, hasil penelitian menunjukkan buruknya kesehatan masyarakat Indonesia. Selain sehat fisik, kata dia, kesehatan juga diukur dari kesehatan mental dan sosial.

Fachmi menyodorkan konsep dokter keluarga untuk menanggani kesehatan fisik, mental, dan sosila masyarakat. “Konsep yang bagus untuk daerah
perkotaan itu dokter keluarga. Jadi dokter tidak hanya memikirkan kondisi fisik, tapi juga mental dan sosial dari pasiennya,” ujarnya.

Menurut perhitungannya, satu dokter mampu menanggani 2.500 keluarga. “Ibaratnya, ada pasien punya tahi lalat yang sembunyi dibelakang paha, dokternya tahu,” kata dia.

Sumber : TEMPO Interaktif