ARTIKEL


Mouse Tenaga Matahari
Selasa, 21 Agustus 2007

Mouse Tenaga Matahari

Sebagai pengguna komputer, peranti mouse wireless mungkin sudah banyak digunakan. Barangnya yang praktis dan nyaman bisa mempermudah pekerjaan. Tapi, tetikus tanpa kabel ini bisa terkadang bisa menjengkelkan. Terutama jika sedang asyik bekerja, tiba-tiba baterainya habis. Sole Mio mungkin bisa menjadi solusi.

Sole Mio adalah mouse bertenaga matahari. Dayanya dapat diisi ulang ketika pengguna meninggalkan mouse di ambang jendela. Bisa juga di tempat-tempat lain yang memungkinkan terkena sinar matahari secara langsung.

Penemuan alat ini sendiri berkaitan dengan program Syn-Energy yang digagas Netherlands Organisation for Scientific Research (NOW in Dutch). Di negara asal, Sole Mio memang baru diproduksi sebanyak 15 unit dan masih dalam tahap uji coba. Namun, ekspektasi kedepan dari berbagai pihak sangat besar.

Dengan ditemukannya Sole Mio, tiap tahun diharapkan ratusan ribu baterai dapat dihemat. Selain itu, program penghematan energi ini juga dapat ditunjang dengan mengaplikasikan PV cell yang berharga murah itu pada berbagai peralatan elektronik lain.

Sumber : Jawa Pos