ARTIKEL


Kopi Mampu Kurangi Rasa Nyeri
Kamis, 01 Maret 2007
Dari hasil penelitian terbaru disebutkan bahwa kopi ternyata dapat digunakan sebagai obat penekan rasa nyeri yang terjadi setelah seseorang bekerja berat, efeknya lebih baik dibandingkan obat analgesik (penghilang rasa sakit), seperti aspirin atau ibuprofen.

Mereka yang mengonsumsi kopi setelah berolahraga atau melakukan kerja yang berat ternyata dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkannya hingga sekitar 50%.

Para peneliti tersebut melakukan studi terhadap sembilan orang wanita yang jarang mengonsumsi kopi setiap harinya. Setelah mereka melakukan kerja yang berat, mereka dianjurkan untuk mengonsumsi dua cangkir kopi dan hasilnya menunjukkan efek yang bermakna.

Namun, dari penelitian tersebut dikatakan bahwa efek yang ditimbulkan oleh kafein pada kopi hanya dapat terlihat pada mereka yang setiap harinya jarang mengonsumsi kopi, sedangkan mereka yang sudah resisten atau rutin mengonsumsi kopi setiap harinya tidak menunjukkan efek yang bermakna. Efek yang ditimbulkan dari kafein tersebut ternyata lebih baik daripada penggunaan obat penghilang rasa nyeri semacam ibuprofen.

Meskipun demikian, mereka yang memutuskan akan menggunakan kopi sebagai obat penghilang nyeri sebaiknya tetap memperhatikan efek samping dari kopi tersebut seperti jantung terasa berdebar, gelisah dan sulit tidur. Manfaat kopi yang digunakan sebagai obat penekan rasa nyeri tersebut masih terus diteliti hingga kini.

 

Sumber : http://www.info-sehat.com/