ARTIKEL


10 Trik yang Membuat Anda Diterima Kerja
Selasa, 19 Desember 2006

10 Trik yang Membuat Anda Diterima Kerja

Diterima bekerja, apalagi bekerja di tempat yang diidamkan, siapapun pasti mau. Tapi bagaimana agar diterima? Nah, itu yang susah. Tapi jangan kuatir, meski susah pasti ada cara-cara yang bias ditempuh agar diterima bekerja di tempat yang disukai. Bagaimana caranya????

Percantik sampul dan surat resume anda

Kesan pertama begitu menggoda. Hal itu juga berlaku jika anda melamar pekerjaan di perusahaan tertentu. Buatlah surat lamaran dan resume sebaik mungkin.

Jangan berbelit belit, langsung pada tujuan , rapi serta tepat sasaran. Maksudnya jika anda melamar pekerjaan sebagai PR, maka anda harus mencantumkan pengalaman sebagai PR.

Perluas Wawasan Soal Lowongan Pekerjaan

Jangan hanya mengandalkan surat kabar untuk mencari lowongan, tapi manfaatkan juga media lain. Seperti internet atau job fair. Berdekatan dengan head hunter juga oke.

Anda juga bias menggandakan koneksi atau kenalan. Teman-teman, keluarga, atau mantan rekan sekantor adalah asset. Jadi jangan anggap remeh. Pasalnya mereka atau kenalan mereka juga bias membantu anda mendapatkan informasi pekerjaan yang tepat.

Cari Perusahaan Yang Anda Minati

Buatlah daftar perusahaan yang anda minati. Cari informasi tentang perusahaan itu, lewat orang-orang yang bekerja disana. Tanyakan bagaimana ritme kerjanya, penghasilan , hingga pola pertemanan.

Kenalan yang bekerja di perusahaan itu adalah “asset berharga” anda. Mintalah mereka memberi informasi jika perusahaan mereka membuka lowongan.

Jangan Berkecil Hati

Jangan terburu berkecil hati jika lamaran tidak dijawab setelah 1 bulan. Anda bias menanyakan kepastian kepada pihak HRD. Tanyakan pula apakah ada kemungkinan anda masuk dalam “daftar tunggu”.

Sembari menunggu, tak ada salahnya mencari pekerjaan di tempat lain. Namun jika anda diterima, pertimbangkan soal kontrak kerja. Jika ditawari kontrak kerja sedangkan hati anda masih tertambat pada perusahaan sebelumnya, coba tanyakan lagi kepastian nasib anda.

Siap Setiap Saat

Anda tidak akan pernah tahu kapan mendapat panggilan kerja. Karenanya bersiaplah setiap saat. Cari terlebih dahulu latar belakang perusahaan tersebut, jenis produk mereka, system kepegawaian, visi dan misi serta budaya kerja.

Dengan bekal pengetahuan itu, anda bias memprediksi jawaban yang tepat untuk setiap pertanyaan dalam wawancara.

Tepat Waktu

Jangan dating terlambat. Usahakan sudah tiba di lokasi 10 menit sebelum waktu yang ditentukan. Karenanya perhitungkan secara detail, berapa waktu perjalanan menuju kantor.

Perhitungkan kemungkinan macet, suaca, waktu yang dibutuhkan , kendaraan yang dipergunakan untuk dapat sampai ke kantor. Begitu juga dengan lantai kantor yang dituju.

Berpakaianlah yang Tepat

Meski terbiasa tampil amburadul, berpakaianlah resmi, sopan dan rapi saat wawancara. Tidak perlu mahal yang penting semua beres.

Tidak ada kancing yang lepas, baju tersetrika rapid an halus, tidak ada noda ang mengganggu dan sebagainya.

Banyak Mendengar Sedikit Bicara

Betapapun gugupnya anda, usahakan untuk tidak salah tingkah. Jaga sikap dan tutur kata, dan jika belum saatnya bicara, jangan pernah bicara. Karena itu pertanda yang tidak baik.

Banyaklah mendengar ketimbang bicara. Jika ingin berbicara, pertimbangkanlahterlebih dahulu. Jangan sampai anda menyesal dengan apa yang anda katakana.

Pede Aja

Tampil percaya diri itu perlu, karena percaya diri adalah salah satu nilai lebih dari calon pegawai. Tapi jangan over.

Ajukan Pertanyaan Yang Tepat

Di akhir wawancara, setiap pelamar diberi kesempatan bertanya. Manfaatkan kesempatan ini untuk mengajukan pertanyaan yang tepat.

Caranya, buatlah daftar pertanyaan yang membangun yang membuat orang yang mewawancarai anda terkesan. Anda bias mencontoh pertanyaan dari reka-rekan yang sudah berpengalaman melakukan wawancara. Yang terpenting, anda tidak membual dan berbicara apa adanya tanpa dibuat buat.

Sumber : Palapa Edisi 45/Desember 2006