ARTIKEL


Pelajaran Musik Dapat Tingkatkan Respon Otak Anak
Selasa, 26 September 2006

CyberMQ - Kanada : Pelajaran musik bisa meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar pada anak-anak. Penelitian menunjukkan belajar musik mendorong perkembangan otak.

Berdasarkan hasil penelitian para ilmuwan Kanada dari McMaster University terhadap 12 anak-anak yang berusia antara empat hingga enam tahun selama satu tahun.



Anak-anak yang belajar musik di luar jam sekolah mempunyai daya ingat yang lebih baik, dan meningkatkan respon otak mereka dibandingkan dengan yang tidak. Hasil penelitian ilmuwan Kanada dimuat secara online di jurnal Brain.

Para peneliti menggunakan metode pendekatan Jepang yang mendorong anak-anak mendengarkan dan meniru sebelum berupaya membaca balok not nada. Selain fokus pada pengukuran spesifik yang terkait dengan perhatian dan pembedaan.

Para peneliti mengukur kegiatan otak ketika anak-anak mendengarkan dua jenis suara, antara lain suara biola. Semua anak menunjukkan respon yang besar ketika mendengarkan suara biola. Semua anak juga bereaksi lebih cepat terhadap suara-suara selama setahun penelitian.

Mereka mempunyai tingkat IQ yang lebih tinggi dibandingkan anak-anak yang mengambil pelajaran drama. Ini adalah penelitian pertama yang menunjukkan respon otak pada anak-anak, kata Profesor Laurel Trainor, ketua tim.

"Ternyata ada perbedaan pola perkembangan otak di antara anak-anak yang mengikuti pelajaran musik dan yang tidak selama periode satu tahun," jelasnya.

Sebelumnya juga tim peneliti telah melakukan penelitian pada respon otak anak-anak terhadap musik selama bertahun tahun, tegasnya. (red/yn)

sumber : cybermq.com