ARTIKEL


TRIK JADI POPULER DI KANTOR
Rabu, 19 Juli 2006

Diperhatikan, didengarkan atau diterima oleh semua orang adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi semua orang. Agar bisa diterima oleh banyak orang maka harus bisa menyenangkan orang lain di lingkungan manapun,termasuk juga di kantor.
Namun untuk di kantor tidak cukup jika hanya pintar dan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik tetapi Anda juga harus peduli kepada orang lain dan peduli terhadap lingkungan sekitar Anda. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar dapat menjadi orang yang menyenangkan di kantor, antara lain:
1. Pemerhati
Sebagai rekan kerja tidak cukup jika hanya mengenal saja, tetapi cobalah untuk mengetahui hal-hal khusus dari rekan Anda. Misalnya hari ulang tahun, makanan kesukaan, warna kesukaan, dll. Dengan mengingat hal tersebut, akan menunjukan bahwa Anda peduli kepada rekan Anda.
2. Pendengar yang Baik
Berbicara sedikit, dengarkan yang banyak. Inilah waktunya untuk Anda mencurahkan perhatian Anda sepenuhnya terhadap apa yang dibicarakan rekan Anda. Jangan terlalu banyak membicarakan diri Anda sendiri karena akan memonopoli pembicaraan.
3. Hargai Rekan Anda
Berikan pujian kepada rekan Anda atas hal-hal yang membanggakannya, namun pujian itu haruslah keluar dari hati yang tulus dan nampak wajar, bukan pujian yang berlebihan apalagi mengada-ada.
4. Hormati Orang Lain
Jika Anda ingin dihormati orang lain, maka Anda harus menghormati orang lain terlebih dahulu. Jangan melanggar privasi rekan Anda tanpa seijinnya, walaupun hubungan Anda sudah seperti seorang sahabat. Karena dengan demikian berarti Anda memmperhatikan batas-batas kesopanan dalam pergaulan.
5. Berbagi Kesenangan
"Kalau lagi senang, ya bagi-bagi dong...", demikian kata-kata yang sering diucapkan rekan Anda disaat Anda tertawa. Ajak rekan Anda agar turut merasakan keceriaan Anda dengan mengajaknya becanda tetapi hindari gaya becanda yang berlebihan dan gaya becanda yang kasar seperti memojokkan orang lain. Saat becanda, sesuaikan karakter Anda dengan karakter rekan Anda agar rekan Anda tidak tersinggung.
Demikian hal-hal yang perlu Anda perhatikan dan Anda akan menjadi orang yang menyenangkan dan diterima oleh para rekan kerja Anda, bahkan Anda menjadi karyawan yang populer di lingkungan kerja Anda. Tetapi jangan lupa untuk mengembangkan kemampuan dan ketrampilan Anda. Karena semua ini berpengaruh kepada karier Anda.
Sumber : KapanLagi.Com