ARTIKEL


Membiasakan Anak Disiplin dan Mandiri
Senin, 17 Juli 2006

"Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan :"Tuhan kami ialah Allah",kemudian mereka tetap istiqomah maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka (tiada pula) berduka cita. (Al-Ahqaaf Suta 46 ayat 13)
Dari ayat tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa orang yang berbahagia di dunia dan akherat adalah orang yang istiqomah (orang yg paling bertagwa). Dan sikap istiqomah ini akan timbul jika kita terbiasa dengan disiplin dalam segala hal.
Disiplin merupakan hal yang penting,terutama bagi orang-orang yang ingin mencapai suatu cita-cita. Orang yang terbiasa disiplin akan mempunyai program harian dan aturan,dan dia berkomitmen terhadap program yang telah dia buat tersebut. Jika belum terbiasa,tentu disiplin ini akan terasa berat,karena itulah disiplin tidak semudah membalikkan telapak tangan,melainkan butuh proses yang cukup panjang serta perjuangan yang gigih. Terlebih lagi dalam menanamkan sikap disiplin pada anak,seperti disiplin dalam meraih cita-cita,disiplin dalam ibadah,disiplin dalam belajar maupun disiplin dalam amalan sehari-hari.
Agar anak memiliki sikap disiplin,orang tua harus menjadi orang tua yang disiplin. Anak harus selalu dibimbing dan dibantu serta diberi contoh. Misalkan disiplin dalam menjalankan sholat magrib dan mengaji,maka sebelum adzan magrib anak-anak sudah disiapkan untuk sholat,sehingga mereka tidak lagi menontob TV. Antara magrib sampai isya' tidak ada kegiatan selain belajar Al-Qur'an bersama orang tua. Disiplin dalam belajar,misalkan. Meski orang tua sudah tidak kuliah lagi,tetaplah menunjukkan kepada anak-anak bahwa ia masih rajin belajar dengan banyak membaca untuk menambah wawasan,sehingga anak-anak pun akan mengikuti ibunya. Disiplin dalam kegiatan sehari-hari,misalnya sebelum tidur harus menggosok gigi dan membaca doa. Meskipun kita sedang kecapaian,kita harus memaksakan untuk mengantar anak menggosok giginya. Jadi untuk mendisiplinkan anak,orang tua harus disiplin.
membantu Anak Agar mandiri,orang tua mana yang tidak mau melihat anaknya tumbuh menjadi anak yang mandiri. beberapa upaya yang dapat dilakukan orang tua untuk membiasakan agar tidak cebderung menggantungkan diri pada seseorang,serta mampu mengambil keputusan yaitu : 1. memberi kesempatan memilih 2. menghargai usahanya 3. menghindari banyak bertanya 4. tidak langsung menjawab pertanyaan 5. mendorong untuk melihat alternatif 6. tidak mematahkan semangatnya.